Resiko Men Copy Paste

Jumat, 25 November 2011 |

artikel copy paste
Assalamualaikum teman-teman semua :D.Kembali lagi dengan saya Miftah Faridl Romadani.Di postingan ini saya mau memberikan informasi yg nyindir mungkin buat teman-teman semua (saya pun ikut tersindir).Saya copas blog orang lain tapi ada sumbernya.Itu yang saya suka dibandingkan dengan orang yg mencopas blog tetapi dia tidak menulis sumber dan tidak mau di copas



Membuat artikel dengan meng-copy paste artikel, gambar, video orang lain, bisa saja terjadi pada artikel kita. Yang lebih memprihatinkan adalah menyalin semua artikel tanpa menyebutkan sumber artikel tersebut. Google dengan algoritma terbarunya google panda, dengan jelas menyebutkan artikel copy paste merupakan hal yang tidak disukai.
Terlebih bagi pemain google adsense: “Situs yang menampilkan AdSense harus menawarkan nilai yang signifikan bagi pengguna akhir dengan menyediakan konten yang unik dan relevan, serta tidak menempatkan iklan di situs yang memiliki sedikit atau tidak memiliki konten asli. Iklan Google juga tidak dapat ditempatkan pada laman yang tidak berbasis konten.”
Membuat artikel yang memenuhi syarat seperti yang di atas sesuai anjuran google merupakan kendala besar yang akan dihadapi oleh penulis blog. Mengapa ? Menulis sebuah artikel terlebih karya non fiksi, tidak terlepas dari kutipan atau sumber referensi. Kita tidak begitu saja mengartikan atau menyimpulkan sesuatu yang merupakan sebuah teori atau pendapat seseorang. Misalkan saya membuat artikel “ Metode Pembelajaran”, apakah kemudian saya mengarang sendiri tentang pengertian metode pengajaran? Mau tidak mau saya harus mencari referensi tentang metode pengajaran, kalau tidak bisa-bisa saya dianggap orang “sembrono”. Atau mengutip perkataan orang, bisakah kita mengubah dengan semaunya ?
Juga dapat terjadi pada artikel berita online, seperti Vivanews, kompas,  dan sebagainya, kadang mengutip dari sumber berita lainnya, meskipun kegiatan ini syah (misalkan: anggota, bayar royalty atau menyebut sumber berita).
Walaupun kita menulis artikel pendapat kita sendiri akan tetapi isi artikel masih terdapat kutipan/ sumber lain, dan meskipun sudah melaksanakan etika penulisan yang benar, semisal minta ijin, menyebutkan sumber aslinya dan lain-lain, akan tetapi di mata Google akan berkata lain, termasuk artikel copy paste.
Sebagai artikel copy paste dapat dilihat dengan menggunakan bantuan situs semisal copyscape.com. Akan muncul artikel lain yang mirip dengan artikel kita apabila kita mengutip sebagian atau seluruh artikel dari sumber situs yang sama.

Resiko Artikel Copy Paste

Selain masalah dengan google SEO, ada yang lebih penting lagi tentang Resiko Artikel Copy Paste
Ada beberapa rekan yang mendapat teguran langsung dari pengacara salah satu website otomotif dari USA karena artikel copy paste nya tanpa menyebutkan link sumbernya dan dinilai melanggar hak cipta. Untung saja masih berupa teguran, bayangkan bila terjadi apabila sudah masuk jalur hukum atau melaporkan ke DMCA, bisa saja google langsung meng-deindex situs kita atau dapat terjadi banned Google Adsense (kalau punya).
Kesimpulan/Saran
Apa boleh buat, kalaupun ingin mengutip artikel terpaksa melakukan perubahan kata, kalimat, tanpa mengubah maksud dan tujuan. Itupun agar google friendly dan tidak ditemukan duplikat konten situs copy paste. Untuk pernyataan seseorang dapat diubah menjadi kalimat pasif atau merangkum inti pernyataan.
Kalaupun terpaksa tidak dapat mengubah kutipan yang benar-benar diperlukan, usahakan komposisi artikel 80 : 20 untuk orisinal dan copy paste dan menyebutkan sumber.
Hati-hati bagi yang suka AGC, auto post atau copy paste tanpa link sumber. Mungkin akan mendapat teguran dari sumber asli karena dinilai melanggar hak cipta.
Usahakan seluruh isi situs juga menerapkan aturan 80:20 untuk orisinal dan artikel copy paste. Meskipun situs lenterakecil.com terdapat duplikat konten di copyscape.com, dan sebagian kecil terdapat juga artikel copy paste, akan tetapi dengan kata kunci tertentu masih berada di halaman awal mesin pencarian google.
Keberuntungan kadang menimpa sebuah blog. Blog dengan artikel copy paste, agc, auto post, kadang aman dan masih terindeks google search (malah ada di halaman muka). Kalau ingin membuat artikel yang benar-benar orisinal, puisi, cerpen, opini sendiri itu yang tepat. Ah… ada-ada saja Om Google.

1 komentar:

Ijhar Naufal mengatakan...

bagus nih postingannya.tapi,tadi aku sempat liat ada kata2 "tidak mau di copas".seharusnya postingan ini kembali ke blogmu sendiri,mif...tidak ada niat intimidasi!

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer