Talk About Logic (Philosophy Assigment)

Minggu, 19 Oktober 2014 |


   Secara etimologis, logika (mantiq) adalah istilah yang dibentuk dari kata logikos yang berasal dari kata benda logos. Kata logos berarti sesuatu yang diutarakan, suatu pertimbangan akal (pikiran), kata, percakapan, atau uangkapan lewat bahasa. Kata logikos berarti mengenai sesuatu yang diutarakan, mengenai pertimbangan akal, mengenai kata, mengenai percakapan, atau berkenan dengan ungkapan lewat bahasa. Dengan demikian, dapatlah kita katakan bahwa logika adalah suatu pertimbangan akal atau pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Sebagai ilmu, logika disebut logike episteme atau dalam bahasa Latin disebut logica scientia yang berarti ilmu logika, namun sekarang ini lazim disebut logika saja.

APA ITU LOGIKA

Logika adalah studi tentang metode dan prinsip-prinsip yang digunakan untuk membedakan penalaran yang benar dari penalaran yang salah. ada kriteria objektif dengan yang penalaran yang benar dapat didefinisikan. Jika kriteria ini tidak diketahui, maka mereka tidak dapat digunakan. Tujuan dari studi logika adalah untuk menemukan dan menyediakan mereka kriteria yang dapat digunakan untuk menguji argumen, dan untuk mengurutkan argumen yang baik dari yang buruk.
Penalaran pada setiap subyek menjadi perhatian ahli logika yang: penalaran dalam sains dan kedokteran, etika dan hukum, dalam politik dan perdagangan, olahraga dan permainan, dan bahkan dalam urusan sampel kehidupan sehari-hari. Sangat berbeda jenis penalaran dapat digunakan, dan semua yang menarik bagi ahli logika tersebut. Dalam buku ini argumen banyak varietes, pada sangat banyak topik, akan dianalisis. Tapi Sepanjang perhatian kita akan tidak dengan subyek tersebut areguments, tetapi dengan mereka “dari” dan “kualitas” tujuan kami adalah untuk belajar bagaimana untuk menguji argumen dan untuk mengevaluasi mereka. Penalaran yang baik adalah instrumen yang paling diandalkan penyelidikan .
semua penalaran berfikir, tetapi tidak semua berfikir adalah penalaran. jika premisses yang memberikan alasan yang cukup untuk menerima kesimpulan, jika menegaskan premisses benar tidak menjamin menegaskan kesimpulan juga benar, maka penalaran yang benar bijaksana lainnya tidak benar. Studi logika kemungkinan untuk meningkatkan kualitas orang-orang penalaran karena alasan lain.

aritoteles
Dalam sejarah perkembangan logika, banyak defenisi dikemukakan oleh para ahli, yang secara umum memiliki banyak persamaan. Ada yang mengatakan bahwa logika adalah ilmu dalam lingkungan filsafat yang membahas prinsip-prinsip dan hukum-hukum penalaran yang tepat. Ada yang menandaskan bahwa logika adalah ilmu pengetahuan (sciense) tetapi sekaligus juga merupakan kecakapan atau keterampilan (art) untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur. Dalam hal ini, ilmu mengacu pada kesanggupan akal akal budi untuk mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan. Ada juga ahli yang berpendapat bahwa logika adalah teknik atau metode untuk meneliti ketepatan berpikir.


…everyone knows the distinction of cognet reasoning from fallacy. The study of logic appeals to no criterion not already present in thr learner’s mind
-C. I. Levis

proposisi dan kalimat
Proposisi adalah sesuatu yang mungkin menegaskan dari penolakan. Proposisi yang dalam hal ini dibedakan dari pertanyaan, perintah, dan seruan. Baik pertanyaan, yang dapat diminta, bukan perintah, yang dapat diberikan, atau tanda seru, yang bisa diucapkan, mungkin ditegaskan atau ditolak. Tapi kebenaran dan kepalsuan tidak berlaku untuk pertanyaan atau perintah, atau seruan.

Argumen, Premis, Kesimpulan 
Istilah ‘inferensi’ mengacu pada proses dimana satu proposisi yang tiba di dan menegaskan atas dasar satu atau lebih proposisi lainnya diterima sebagai awal dari proses.
‘Argumen’ adalah setiap kelompok proposisi yang satu ini diklaim mengikuti dari yang lain, yang dianggap sebagai memberikan dukungan atau dasar untuk kebenaran.
‘berakhirnya’ dari sebuah argumen adalah proposisi yang ditegaskan berdasarkan proposisi lain dari aregumen, dan ini proposisi lainnya, yang dikukuhkan sebagai memberikan dukungan atau alasan untuk menerima conculsion adalah premisses argumen itu.

Contoh :
militria diatur dengan baik diperlukan untuk keamanan negara bebas, hak rakyat untuk menjaga dan menanggung lengan tidak akan dilanggar.
                                                The Constitition of the Uniteed State, Amandemment 2

Solusi:
1.Kamu membutuhkan penghitungan suara karena America tidak bekerja dengan baik tanpa adany penghitungan suara
  1. menahan untuk menilai, karena kita adalah orang berdosa semua.


Sumber:
Cohen, C,. & Copi, I. M. (1998). Introduction To Logic. Prentice- Hall, Inc.
Raper Jan, H. (1996). Pengantar Logika : Asas- Asas Penalaran Sistematis. Yogyakarta: Kanisius.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer