POSTMODERN

Jumat, 24 Oktober 2014 |


Postmodern adalah masa dimana kehidupan manusia mulai berkembang. Pada awalnya, kata postmodern tidak muncul dalam filsafat ataupun sosiologi namun sering muncul pada arsitektur dan sastra. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa postmodern merupakan suatu kritik atas janji – janji terhadap salah satunya kebudayaan.

Charles jencks dengan bukunya The language of Post Modern Architecture(1975) menyebut postmodern sebagai upaya mencari pluralisme gaya arsitektur setelah ratusan terkukung satu gaya. Menurut charles Jencks, yang dianggap sebagai arsitek postmodern yang paling berpengaruh, peristiwa peledakan ini menandai kematian modernisasi dan menandakan kelahiran postmodernisme. Pada masa ini kedudukan ilmu fisika juga menempati kedudukan yang paling tinggi karena fisika dipandang sebagai dasar ilmu pengetahuan yang materinya mengandung unsur fundamental yang membentuk alam semesta menurut trout (dalam Rizal Mustansyah, dkk.,2001). Adapaun ilmuwan fisika yang terkenal adalah Albert Einstein. Ia menyatakan bahwa alam itu tidak berhingga besarnya dan tidak terbatas, tetapi juga tidak berubah status totalitasnya atau bersifat statis dari waktu ke waktu. Einstein percaya akan kekekalan materi. Alam semesta itu bersifat kekal, atau dengan kata lain tidak mengakui adanya penciptaan alam. Telah saya singgung bahwa pada masa ini manusia berada pada lingkungan yang bertekhnologi canggih, oleh karena itu teori mengenai fisika juga ditandai dengan penemuan alat – alat yang canggih.

Zaman Kontemporer ( Postmodern )

Zaman ini bermula dari abad 20 M dan sebagian besar aplikasi ilmu dan tekhnologi diabad 21 merupakan hasil penemuan mutkhir di jaman ini. Bidang fisika menjadi titik perkembangan ilmu pada masa ini.
Dari penjelasan diatas cukup jelas bahwa seiring dengan berjalannya waktu, ilmu akan semakin berkembang juga. Tidak hanya ilmu fisika tetapi ilmu – ilmu lain juga mengalami perkembangan yang pesat.
Masa postmodern adalah masa dimana kehidupan manusia dikelilingi oleh tekhnologi yang canggih. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan pada masa tersebut berkembang sangat pesat. Baik dalam bidang ilmu pengetahuan, sejarah tekhnologi, komunikasi maupun ilmu kedokteran. Dalam sejarah keilmuwan, kita melalui beberapa jaman dimulai dari jaman pra yunani kuno, jaman yunani kuno, jaman abad pertengahan, jaman renaissance, jaman modern dan jaman postmodern.

Ari Purnomo, Narasi Kecil Sebagai Legitimasi Ilmu Pengetahuan era Post Modern Menurut Jean Francois Lyotard: Sebuah skripsi, Yogyakarta: FTW, 2006

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer