COLONIALISM AND DEVELOPMENT, CULTURAL EXCHANGE AND SURVIVAL

Rabu, 03 Juni 2015 |

Selamat siang teman-teman pengunjung blog mfr95! Kali ini admin mau memberikan materi mengenai colonialism, development, cultural exchange dan survival. Langsung saja tidak perlu basa-basi, berikut ini pengertian lengkap mengenai apa yang akan admin bahas.

Colonialism and Development


Impersialism

Imperialisme mengacu pada kebijakan memperluas kekuasaan suatu bangsa atau kerajaan atas bangsa-bangsa asing lalu mengambil dan menahan koloni asing. Kolonialisme mengacu pada dominasi politik, sosial, ekonomi, dan budaya suatu wilayah dan rakyatnya oleh kekuasaan asing untuk jangka waktu. Kolonialisme modern dimulai dengan Age of Discovery di mana negara-negara Eropa mendirikan koloni di selurh dunia baru.

British Colonialism

Pencarian untuk sumber daya dan pasar baru untuk meningkatkan keuntungan memicu kolonialisme Inggris. Tahap pertama dalam kolonialisme Inggris terkonsentrasi di New World , Afrika Barat, dan India dan datang ke dekat dengan Revolusi Amerika. Selama periode kedua kolonialisme, Inggris akhirnya menguasai sebagian besar India, Australia, Selandia Baru, Kanada, dan sebagian besar Afrika Timur dan Afrika Selatan. Upaya colonial Inggris dibenarkan oleh apa Kliping disebut “white man’s burden”  yang menegaskan bahwa penduduk asli tidak mampu mengatur diri mereka sendiri dan membutuhkan putih, kolonialis Inggris menyediakan dan menjaga ketertiban.



French Colonialism

Kolonialisme Perancis disebabkan oleh negara gereja dan militer bukan hanya untuk kepentingan bisnis. Tahap pertama dari upaya kolonial Perancis difokuskan di Kanada. Wilayah Louisiana, Karibia, dan Afrika Barat. Selama fase kedua kolonialisme Perancis (1870 Perang Dunia II). Kekaisaran tumbuh dengan menyertakan sebagian besar Afrika Utara dan Indochina. Legitimasi ideologis untuk kolonialisme Perancis adalah civilisatrice misi (mirip dengan “white man’s burden”) untuk menyebarkan budaya Perancis, bahasa, dan agama di seluruh koloni.


Gambar 1 : Map of the height of the French empire around 1914


Collonialism and Identity

Perbedaan etnis dan politik di seluruh dunia sangat terganggu oleh kolonialisme. Sebagai contoh, banyak dari batas-batas politik modern di Afrika Barat didasarkan pada linguistic, politik, dan ekonomi kontras yang merupakan hasil dari kebijakan kolonial Eropa di wilayah tersebut.


Gambar 2 : Map of Africa showing colonial divisions after the Conference of Berlin (1885).

Postcolonial Studies

Kajian postcolonial mengacu pada penelitian yang menargetkan interaksi antara negara-negara Eropa dan masyarakat yang mereka jajah. Istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada paruh kedua abd ke-20 dan dapat juga digunakan untuk menandakan posisi melawan imperialism dan Eurosentrisme.

Development : Philosophy

Sebuah filosofi intervensi adalah pembenaran ideologis untuk campur tangan dalam kehidupan penduduk asli, didasarkan pada asumsi bahwa seseorang memiliki cara yang unggul hidup atau berpikir.
-          British Empire = White man’s burden
-          French Empire = Mission civilisatrice
-          Economic development plants – industrialisasi, moderenisasi, westernisasi, dan individualisme adalah kemajuan evolusi diinginkan yang akan membawa manfaat jangka panjang kepada penduduk setempat

Development : Problems

Situasi dianggap sebagai masalah yang dihasilkan dari gaya hidup pribumi mungkin sebenarnya akibat dari dampak sistem dunia pada gaya hidup itu. Efek sistemik proyek pembangunan sebenarnya bisa berbahaya (misalnya pajak dan kenaikan sewa dalam menanggapai mengangkat pendapat). Ahli difokuskan secara sempit tidak mungkin untuk menyadari implikasi spectrum yang luas dari skema pembangunan.

The Brazilian Sisal Scheme

Pada tahun 1950, pemerintah Brasil berusaha untuk memperkenalkan sisal sebagai tanaman tunai ke dalam ekonomi subsisten sertao tersebut. Pembangunan peningkatan ketergantungan pada ekonomi dunia, merusak ekonomi, subsisten lokal, dan memburuknya kesehatan setempat dan distribusi pendapatan.


Tabel 1 : Malnutrition among the children of a Brazillian Sisal residue man

The Greening of Java

Diseluruh dunia revolusi hijau telah meningkatkan persediaan makanan dan mengurangi harga pangan. Namun penekanan pada modal depan dan pertanian teknologi dan kimia canggih memungkinkan para elit birokrasi dan ekonomi dari Jawa untuk memperkuat posisi mereka dengan mengorbankan petani miskin. Analisis Ann Stoler tentang dampak revolusi hijau di Jawa menyarankan bahwa diferensial terpengaruh hal-hal seperti stratifikasi gender, tergantung pada kelas.

Equity

Sebuah tujuan yang dinyatakan secara umum oleh proyek pembangunan meningkatkan ekuitas yang berarti pengurangan kemiskinan dan bahkan berkontribusi kekayaan. Tujuan ini sering digagalkan oleh elit lokal yang bertindak untuk mempertahankan atau meningkatkan posisi mereka.

The Third World Talks Back

Antropolog terapan telah dikertitik karena etnosentrisme dalam pendekatan mereka sendiri untuk pembangunan (lihat referensi untuk Guillermi Batalla). Terlalu banyak fokus pada beberapa dan mikro penyebab sementara mengabaikan kesemjangan sosial yang besar.
-          Proyek awal yang terlaluu berorientasi psikologis.
-          Terlalu banyak fokus pada difusi teknologi sebagai sumber utama perubahan
-          Kritikus lain telah menunjukkan hubungan antara antropolog dan intansi pemerintah tertentu.

Strategies for Innovation

Kottak menggambarkan analisis komparatif tentang enam puluh delapan proyek pembangunan, dimana ia menetapkan bahwa proyek-proyek pembangunan ekonomi yang sesuai budaya dua kali sukses financial yang tidak kompatibel.

Overinnovation

Overinnovation mengacu pada proyek-proyek pembangunan membutuhkan perubahan besar atas nama masyarakat sasaran. Proyek-proyek yang bersalah overinnovation umumnya tidak berhasil. Untuk menghindari overinnovation, proyek-proyek pembangunan harus peka terhadap budaya tradisional dan keprihatinan dari kehidupan sehari-hari di masyarakat sasaran.

Underdifferentiation

Underdifferentiation adalah kecenderungan untuk mengabaikan keragaman budaya dan melihat negara-negara berkembang secara sama. Banyak proyek pembangunan salah menganggap bahwa keluarga inti adalah unit dasar produksi dan lahan kepemilikan. Banyak proyek pembangunan juga salah menganggap bahwa koperasi berdasarkan model dari bekas blok Timur akan mudah dimasukkan oleh masyarakat pedesaan.

Third World Models

Model terbaik untuk pembangunan ekonomi yang dapat ditemukan di masyarakat sasaran. Pengembangan realistis mempromosikan perubahan bukan overinnovation dengan menjaga sistem lokal sementara yang membuat mereka bekerja menjadi lebih baik. Contoh Malagasi menunjukkan perhatian dibayar untuk bentuk-bentuk lokal sosial (organisasi keturunan) dan kondisi lingkungan (misalnya, mengambil ternak dari strain disesuaikan dengan lingkungan yang sama).


Cultural Exchange and Survival

Contact and Domination

Peningkatan kontak antara budaya telah menciptakan kemungkinan meningkat untuk dominasi satu kelompok dengan yang lain melalui berbagai cara.

Development and Enviromentalism

Saat ini, dominasli paling sering datang dalam bentuk perusahaan multinasional berbasis-core menyebabkan perubahan ekonomi dalam budaya Dunia Ketiga. Perlu dicatat bahwa gangguan bahkan bermaksud baik (seperti gerakan lingkungan) dapat diperlakukan sebagai bentuk dominasi budaya dengan populasi subjek. Dua sumber budaya bentroka : 1. ketika pembangunan mengancam masyarakat adat dan lingkungan (misalnya, Brazil dan New Guinea) 2. ketika hubungan eksternal mengancam masyarakat adat.

Religious Change

Indiana Jones adalah simbil dari dominasi barat semua aspek budaya berdasarkan efisiensi teknologi khusus. Homogenisasi agama adalah teknik yang sering digunakan oleh negara-negara berusaha untuk menundukan kelompok yang mencakup perbatasan mereka.

Variation In Systems of Domination

Scott (1990) membedakan antara transkrip public dan tersembunyi dari masyarakat budaya dan politik tertindas. Transkrip public mengacu pada terbuka interaksi public antara dominasi dan tertindas. Gramsci (1971) gagasan hegemoni berlaku untuk sistem politik hirarkis dimana dalam ideologi dominan dari elite telah diinternalisasikan oleh anggota kelas bawah. Bourdieu (1977) dan Foucault (1979) berpendapat bahwa itu jauh lebih mudah untuk mengontrol pikiran orang daripada mencoba untuk mengendalikan tubuh mereka.

Weapons of the Weak

James Scott (1990) bekerja pada petani Melayu menunjukkan kelompok tertindas dapat menggunakan metode non-konfrontatif untuk melawan berbagai bentuk dominasi, Contoh wacana antihegemonic meliputi ritual (misalnya, carnaval) dan sastra rakyat. Resistance adalah posisi sebuah sikap dimana untuk berperilaku bertahan, berusaha melawan, dan menentang.

Cultural Imperialism

Imperialisme mengacu pada penyebaran satu budaya dengan mengorbankan orang lain  biasanya karena pengaruh ekonomi atau politik diferensial. Negara Barat mendominasi media di seluruh dunia ini.Ini berarti pula, media masa negara Barat juga mendominasi media di Dunia Ketiga.


Gambar 3 : Some French have protested against Euro Disneyland, which they see as American cultural imperialism.

Making and Remaking Culture

Sebuah teks didefinisikan sebagai sesuatu yang kreatif membaca, diinterpretasikan, dan ditugaskan makna oleh setiap orang yang menerimanya. Pembaca teks semua berasal makna dan perasaan yang mungkin berbeda dari apa yang pencipta teks dimaksudkan mereka sendiri. Pembacaan hegemonik mengacu pada membaca atau makna bahwa pencipta teks dimaksudkan.

Popular Culture

Menurut Fiske (1989), penggunaan masing-masing individu dari budaya populer adalah tindakan kreatif. Budaya populer dapat digunakan untuk mengekspresikan perlawanan.

Indigenezing Popular Culture

Bentuk-bentuk budaya diekspor dari satu budaya ke yang lain tidak selalu membawa arti yang sama dari bekas konteks ke konteks yang terakhir. Interpretasi Aborigin film, Rambo, menunjukkan bahwa makna dapat dihasilkan dari teks, bukan dengan teks. Analisis Appadurai tentang pribumisasi Filipina dari beberapa bentuk musik Amerika menunjukkan keunikan dari bentuk indigenized.

A World System of Images

Media massa dapat menyebar dan menciptakan identitas nasional dan etnis. Studi lintas budaya menunjukkan bahwa diproduksi secara lokal acara televisi yang lebih suka impor dari luar negeri. Media massa memainkan peran penting dalam mempertahankan identitas etnis dan nasional di kalangan orang-orang yang menjalani kehidupan transnasional.

Transnational Culture

Seperti media massa, arus modal telah menjadi desentralisasi, membawa dengan itu pengaruh budaya dari berbagai sumber (misalnya, Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Kanada, Jerman, Belanda). Buruh migran juga berkontribusi terhadap difusi budaya.

Postmoderenism

Postmodernitas menjelaskan waktu dan situasi-hari ini dunia dalam fluks, orang-orang ini pada langkah yang telah belajar untuk mengelola beberapa identitas tergantung pada tempat dan konteks. Postmodern merujuk runtuh pembedaan tua, aturan, kanon, dan sejenisnya. Postmodernisme (berasal dari gaya arsitektur) mengacu pernyataan teoritis dan penerimaan berbagai bentuk kebenaran, bertentangan dengan modernisme, yang berbasis di supremasi diasumsikan teknologi Barat dan nilai-nilai. Globalisasi mengacu pada meningkatnya keterhubungan dunia dan rakyatnya. Dengan keterhubungan ini, bagaimanapun, datang basis baru untuk identitas (misalnya, identitas Panindian tumbuh di antara suku-suku yang berbeda sebelumnya).

SUMBER
Slide Binus Maya, Collonialism and Development, Cultural Exchange and Survival. Jakarta : Bina Nusantara University 
Kolonialisme dan Development. Dari http://id.wikipedia.org/wiki/Kolonialisme&Development

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer