COLLECTIVE BEHAVIOUR AND SOCIAL MOVEMENT

Sabtu, 06 Juni 2015 |

  Selamat malam pengunjung blog mfr95! Masih membahas mengenai materi perkuliahan mata kuliah Ilmu Sosial. Kali ini membahas bab mengenai collective behaviour dan social movement. Langsung saja, berikut ini pengertian serta penjelasannya yang lengkap

Theories of Collective Behaviour

Collective behaviour : Perilaku yang relatif spontan dan tidak terstruktur dari sekelompok orang yang bereaksi terhadap pengaruh umum dalam situasi ambigu (Smelser).

Emergent-Norm Perspective

 Emergent norm perspective :  Selama episode perilaku kolektif, definisi perilaku apa yang tepat atau tidak muncul dari kerumunan

Value-Added Perspective

Model nilai tambah: menjelaskan seberapa luas kondisi sosial yang berubah dalam pola tertentu ke dalam beberapa bentuk perilaku kolektif : Kondusifitas struktural, Regangan struktural, Keyakinan generalized,  Faktor pencetus, Mobilisasi tindakan,   Latihan kontrol sosial.

Assembling perspective

Assembling perspective : Meneliti bagaimana dan mengapa orang bergerak dari titik yang berbeda dalam ruang untuk lokasi umum. Periodic assemblies : Berulang, pertemuan yang relatif rutin seperti kelompok kerja, kelas kuliah, acara olahraga. Non periodic assemblies : meliputi demonstrasi, parade, dan pertemuan di acara-acara seperti kebakaran dan penangkapan.

Crowds

Crowd : Pengelompokan sementara orang di dekat yang berbagi fokus umum atau kepentingan. Tidak benar-benar kurang dalam struktur Bahkan selama kerusuhan, peserta diatur. Oleh norma-norma sosial yang diidentifikasi dan. Menunjukkan pola yang pasti dari perilaku Perspektif Emergent-norma menunjukkan. Bahwa norma sosial baru diterima Mengambil makna baru dengan Internet.

Disaster Behavior

Disaster : Tiba-tiba atau mengganggu kejadian atau peristiwa yang overtaxes sumber daya masyarakat yang membutuhkan bantuan dari luar. Penelitian bencana Pusat Penelitian Bencana Di University of Delaware Perencanaan Dikembangkan untuk menetapkan perawatan? Darurat kesehatan, kontrol rumor. Dan pusat kesehatan mental, dan kesiapsiagaan bencana / darurat program-respon
Studi Kasus: Keruntuhan World Trade Center dan Badai Katrina. Ditandai banyak keunggulan dari pemulihan bencana bahkan dalam setelah tak terbayangkan. Bencana, orang-orang dan organisasi. Merespon dengan cara yang dapat diprediksi Dalam Katrina, kurangnya koordinasi monumental.

Fads and Fashions

Fads : pola sementara perilaku yang melibatkan sejumlah besar orang. Fashions : Massa menyenangkan keterlibatan yang menampilkan penerimaan oleh masyarakat dan kontinuitas sejarah.

Panics and Crazes

Craze : keterlibatan massa yang menarik yang berlangsung selama jangka waktu yang relatif lama.Panic: gairah takut atau kolektif penerbangan didasarkan pada keyakinan umum yang mungkin atau mungkin tidak akurat.

Rumors

Rumors : Sepotong informasi yang dikumpulkan secara informal digunakan untuk menafsirkan situasi ambigu. Menyediakan grup dengan keyakinan bersama, sarana beradaptasi dengan perubahan, memperkuat ideologi masyarakat dan kecurigaan media massa.

Publics and Public Opinion

Public: kelompok tersebar orang, belum tentu berhubungan dengan satu sama lain, yang berbagi minat dalam masalah Opini publik: ekspresi sikap mengenai masalah-masalah kebijakan publik yang dikomunikasikan kepada para pengambil keputusan.

Tabel 1 : Forms of Collective Behavior

Forms of Collective Behavior

Social Movements
Social movements :  menyelenggarakan kegiatan kolektif untuk membawa atau menolak perubahan dalam kelompok atau masyarakat. Gerakan sosial memiliki dramatis, berdampak pada perjalanan sejarah dan evolusi struktur sosial. Fungsionalis : berkontribusi pada pembentukan opini publik dam semakin mengambil dimensi internasional

Relative Deprivation Approach

Relative Deprivation : perasaan sadar negatif perbedaan antara harapan yang sah dan aktualitas hadir. Sebelum ketidakpuasan disalurkan menjadi gerakan sosial, orang harus merasa mereka: Memiliki hak untuk tujuan mereka dan merasa bahwa mereka tidak bisa mencapai tujuan melalui cara konvensional.

Resource Mobilization

Resource mobilization : Cara gerakan sosial seperti memanfaatkan sumber daya sebagai uang, pengaruh politik, akses ke media, dan pekerja. Oberschall : untuk mempertahankan sebuah gerakan sosial, harus ada organisasi dasar dan kontinuitas kepemimpinan. Marx: pemimpin perlu membantu para pekerja mengatasi kesadaran palsu - sikap yang tidak mencerminkan posisi obyektif pekerja.

Gender and Social Movements

Wanita merasa lebih sulit daripada laki-laki untuk menganggap posisi kepemimpinan dalam organisasi gerakan sosial. Gender dapat mempengaruhi cara kita melihat upaya terorganisir untuk membawa tentang atau menolak perubahan

New Social Movement

New social movement : kegiatan kolektif terorganisir yang mempromosikan otonomi, penentuan nasib sendiri, dan peningkatan kualitas hidup. Gerakan sosial baru umumnya tidak melihat pemerintah sebagai sekutu mereka.

Sociology in the Global Community

Mengapa Anda berpikir begitu banyak wanita India berpartisipasi dalam gerakan sosial baru? Jelaskan tujuan mereka. Apa yang akan terjadi jika "tak berdaya" orang di AS membentuk gerakan sosial yang sama? Apakah itu berhasil?

Tabel 2 : Contributions to Social Movement Theory

Communication and the Globalization of Social Movements

Global-pesan teks dan Internet memungkinkan aktivis sosial Untuk mencapai orang-orang seketika. Listserves Internet dan chatroom memungkinkan penyelenggara gerakan sosial untuk meminta orang yang berpikiran tanpa kontak face-to-face. Televisi dan internet dapat menyampaikan rasa palsu keintiman diperkuat dengan kedekatan Computer-Mediated Communication (CMC).

Research Today

Pernahkah anda terlibat dalam gerakan sosial atau politik yang legitimasi sebagian orang dianggap dipertanyakan? Dapatkah gerakan sosial yang pernah benar-benar bebas dari kontroversi? Apakah Anda ingin hidup dalam masyarakat di mana kontroversi tidak ditoleransi?

Social Policy and Social Movements: Disability Rights

Upaya untuk memastikan kesehatan dan hak-hak penyandang cacat telah berkembang dengan konstan sejak awal 1960-an. Stereotip negatif menantang mencoba untuk mendapatkan suara yang lebih besar dalam lembaga dan keputusan kebijakan publik yang mempengaruhi mereka mencoba untuk membentuk kembali hukum,lembaga, dan lingkungan.
Pada tahun 1990, pemerintah berlalu Amerika dengan Disabilities Act (ADA) Melarang bias terhadap penyandang cacat dalam pekerjaan, transportasi, akomodasi publik, dan telekomunikasi. Mendefinisikan cacat sebagai kondisi yang substansial membatasi kegiatan besar dalam hidup tanggung jawab untuk menegakkan ADA diberikan kepada beberapa lembaga federal.
Labeling perspective : ADA suatu framing signifikan dari masalah hak penyandang cacat Negara-negara lain melihat cacat sebagai masalah hak. Teori konflik: ADA adalah bagian dari 40 tahun gerakan hak-hak sipil.  Interactionists: fokus pada hubungan sehari-hari orang-orang dengan dan tanpa cacat.
Tabel 3 : Can You Match the Person with the Disability   
Grup merasakan badan-badan federal terlalu berhati-hati dalam menegakkan ADA Aktivis hak cacat mempertanyakan visitability - aksesibilitas rumah-rumah pribadi untuk pengunjung penyandang cacat.
SUMBER
Slide Binus Maya. Collective Behavior and Social Movements. Jakarta : Bina Nusantara University

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer