HUMAN SOCIAL PROBLEMS : DEVIANCE, CRIME, SOCIAL CONTROL, AND GLOBAL INEQUALITY

Selasa, 19 Mei 2015 |

Selamat malam pengunjung blog mfr95! Kali ini admin mau memberikan postingan mengenai Masalah Sosial pada Manusia. Apa aja itu? Ya yang pertama ada Deviance, Crime, Socia Control, dan Global Inequality. Berikut ini adalah pembahasan dari masalah-masalah pada Manusia


Deviance, Crime, and Social Control


What is Deviance?
    
      Penyimpangan adalah perilaku yang melanggar standar perilaku atau harapan dari kelompok atau masyarakat. Penyimpangan melibatkan pelanggaran norma yang mungkin atau tidak mungkin disahkan dalam hukum. Definisi sosial dalam masyarakat tertentu dan pada waktu tertentu.

Deviance and Social Stigma
      Stigma adalah Label masyarakat yang digunakan untuk mengevaluasi anggota kelompok sosial tertentu (Goffman)

Deviance and Technology
      Inovasi teknologi dapat Mendefinisikan kembali interaksi sosial dan Standar perilaku yang berhubungan dengan mereka

Social Control
     Kontrol sosial adaah Teknik dan strategi yang digunakan untuk mencegah perilaku manusia yang menyimpang dalam suatu masyarakat serta mengajak dan mengarahkan. Contohnya : Orangtua, kelompok sebaya, sekolah, perusahaan, pemerintah.

      Sanksi adalah hukuman dan penghargaan untuk perilaku yang menyangkut norma sosial.
161 orang mengaku sering  menerima pesan bersaing tentang bagaimana berperilaku. Fungsionalist  : orang harus menghormati norma-norma sosial dari setiap kelompok atau masyarakat untuk bertahan hidup. Conflict theorists : Suksesnya fungsi dari masyarakat secara konsisten menguntungkan kelemahan kuat kelompok lain.

Conformity and Obedience
      Conformity : Pergi bersama dengan rekan-rekan yang tidak memiliki hak khusus untuk mengarahkan perilaku. Obedience: Kepatuhan dengan otoritas yang lebih tinggi dalam struktur hirarkis. The Mailgram Experiment : Eksperimen yang menginstruksikan orang Untuk mengelola sesuatu akan semakin menyakitkan ketika adanya Kejutan listrik ke subjek.
 “Hampir dua pertiga dari peserta Jatuh ke kategori "subyek taat" “.

Informal and Formal Social Control
     Informal social control : Digunakan untuk menegakkan norma-norma. Formal social control : Dilakukan oleh agen resmi. (Kontrol sosial informal benar-benar dapat melemahkan kontrol sosial formal)

Law and Society
      Beberapa norma sangat penting bagi masyarakat karna mereka disahkan dalam undang-undang yaitu, Hukum (Lembaga kontrol sosial tatanan hukum mencerminkan nilai-nilai Mereka dalam posisi untuk melaksanakan suatu kewenangan) dan Teori Kontrol (kepada anggota masyarakat yang menuntun secara sistematis sesuai dengan norma masyarakat).

Sociology on Campus
Binge Drinking
1. Mengapa Anda pikir sebagian besar mahasiswa menganggap pesta minuman keras adalah normal ketimbang perilaku yang menyimpang?
2. Mana yang menurut Anda akan Lebih efektif dalam menghentikan pesta Minum di kampus Anda Atau kontrol sosial formal dan informal yang dapat dilakukan?

Gambar 1 : The Status of  Medical Marijuana


Functionalist Perspective
Durkheim’s Legacy
     Hukuman didirikan dalam Membantu mendefinisikan budaya yang dapat menicptakan perilaku yang diterima Dan berkontribusi terhadap stabilitas. Erikson mengilustrasikan batas fungsi dari penyimpangan, Anomie adalah Kehilangan arah terasa di masyarakat ketika kontrol sosial dari perilaku individu telah menjadi tidak efektif.

Teori Merton tentang penyimpangan.
     Anomie Teori dari penyimpangan adalah Bagaimana orang beradaptasi dengan cara tertentu dan sesuai atau menyimpang dari harapan budaya.
1. Conformist
2. Pembaru
3. Ritualisme
4. Perasingan
5. Pemberontak


Interactionist Perspective

Cultural Transmission Theory
      Cultural transmission : Manusia belajar bagaimana berperilaku dalam situasi sosial, baik yang baik atau buruk. Differential association : Sebuah proses dimana paparan sikap yang baik untuk tindak pidana yang mengarah ke pelanggaran aturan. Social disorganization theory : Peningkatan dalam kejahatan dan penyimpangan dikatikan dengan ketiadaan atau kerusakan hubungan komunal lembaga-lembaga sosial.Labeling theory : Upaya untuk menjelaskan beberapa orang dipandang sebagai deviants sementara yang lainnya tidak, theory ini juga dikenal sebagai pendekatan sosial-reaksi.

      Labeling and Agents of social control : Profil rasial, dimana orang yang diidentifikasi sebagai tersangka criminal murni atas dasar ras mereka sendiri, Popularitas teori pelabelan, tercermin dalam munculnya perspektif  terkait yang disebut konstruksionis sosial. Social Constructionist  Perspective : Deviance adalah hasil dari lingkungan dimana kita hidup.  Berfokus pada keputusan yang menciptakan identitas penyimpangan.Labeling and Sexual Deviance : Definisi dari perilaku penyimpangan seksual sangat bervariasi secara significant dari waktu ke waktu dan dari budaya ke budaya. Dalam menggunakan istilah, bahkan dengan cara positif pun masih tersirat bahwa seksualitas manusia dapat diatur/ kategori ekslusif. Definisi penyimpangan seksual tampaknya berubah seiring berjalannya satu generasi ke generasi berikutnya.

Conflict Theory
      Orang dengan kekuasaan akan melindungi kepentingan dirinya sendiri  dan mereka dapat mengatur penyimpangan sesuai dengan yang mereka inginkan. Differential Justice : Perbedaan pada cara kontrol sosial dilaksanakan pada setiap kelompok yang berbeda.

Feminist Perspective
      Adler dan Chesney-Lind berpendapat bahwa pendekatan yang digunakan untuk penyimpangan dan kejahatan dikembangan oleh laki-laki didalam pikiran mereka. Masyarakat cenderung memperlakukan perempuan dalam mode stereotip.

Research Today

Tabel 1 : Modes of Individual Adaptation

Tabel 2 : Sociological Perspective on Deviance

Crime
      Crime : Pelanggaran hukum pidana dimana beberapa pemerintahan yang otoritas menerapkan hukuman secara resmi. Crime Index : Pembunuhan, perampokan, pemerkosaan, penyerangan, penggarongan, pencurian, pencurian kendaraan bermotor, pembakaran.

Types of Crimes
      Sosiolog mengklasifikasikan kejahatan sesuai dengan bagaimana mereka berkomitmen dan bagaimana cara pandang mereka terhadap pelanggaran. Yaitu : Victimless crimes (kejahatan tanpa korban jiwa seperti pertukaran barang atau jasa secara illegal) , Professional crime (merintis karir di dunia kejahatan yang illegal) orang yang menjadikan tidak kejahatan sebagai pekerjaan sehari-hari disebut Professional Criminal, Organized crime (Kelompok yang mengatur hubungan antara perusahaan criminal yang terlibat dalam kegiatan illegal) , White-collar crime (tindakan illegal yang dilakukan dalam rangka kegiatan usaha) and technology-based crime (computer crime : menggunakan teknologi tinggi untuk melakukan penggelapan atau penipuan elektronik, corporate crime : setiap tindakan oleh perusahaan yang dihukum oleh pemerintah), Transnational crime.

Gambar 2 : Categorization of Reported Hate Crimes

Gambar 3 : Types of Transnational Crimes

Crime Statistics
      Tingkat kriminal di Amerika Serikat sangatlah tinggi, Sehingga publik di A.S. menganggap tindak kriminal sebagai masalah sosial utama. Beberapa masalah nya : kejahatan yang ditangani hanyalah yang dilaporkan saja, dan kasus kriminal yang dilaporkan di A.S. merupakan terendah selama 40 tahun terakhir.

International Crime Rates
      Kejahatan kekerasan jauh lebih umum di AS daripada Eropa Barat pada tahun 1980-an dan 1990-an, Tingginya tingkat pembunuhan pada negara-negara berkembang yang memasok obat-obatan  ke negara-negara industri.

Tabel 3 : National Crime Rates and Percentage Changes

Gambar 4 : Victimization Rates, 1973-2009

The Death Penalty in the US and Worldwide
      Issue : Di Amerika Utara, hukuman mati dianggap benar secara moral dan agama. Pada akhir tahun 2010, sebanyak 95 negara telah meninggalkan “death penalty” dalam  hukuman tindak kriminal. Namun, menurut para pendukung hukuman ini, death penalty dapat efektif untuk mengurangi atau mencegah beberapa penjahat tindak kriminal dari melakukan pelanggaran serius. Kebijakan : Banyak orang yang mendukung death penalty tetap diberlakukan hanya untuk beberapa tindak kriminal tertentu.

Gambar 5 : Execution by States Since 1976
 
Gambar 6 : Death Penalty Status by Country


Global Inequality

The global divide
      Ketimpangan adalah penentu signifikan prilaku manusia. Pembagian kekayaan global muncul akibat dari revolusi industry dan meningkatnya produktivitas pertanian
Stratification in the world system
      Stratifikasi ini terjadi sangat kontras antara negara-negara industri dan berkembang.

Legacy of colonialism
      Colonialism: kekuatan asing mempertahankan dominasi politik, sosial, ekonomi, dan budaya dalam jangka waktu tertentu. Neocolonialism: ketergantungan kepada negara yang lebih maju untuk me-manage yang dilakukan oleh mantan koloni. Wallerstein: hubungan ekonomi dan politik yang tidak merata di Negara industry tertentu dan perusahaan global mendominasi system ekonomi dunia. Globalization: Integrasi dari seluruh dunia mengenai kebijakan pemerintah, budaya, gerakan sosial, dan pasar keuangan melalui perdagangan dan pertukaran ide.
Multinational corporations
      Merupakan organisasi komersial yang kantornya berpusat di suatu negara, tetapi melakukan bisnis di seluruh dunia.

Functionalist View
Perusahaan multinasional dapat membantu negara-negara berkembang, melalui:
o pekerjaan dan industry
o keuntungan maksimum teknologi dengan mengurangi peneluaran dan meningkatkan keuntungan,
o membuat negara lebih saling tergantung dan meminimalkan konflik.


Conflict View
Perusahaan multinasional mengeksploitasi pekerja lokal untuk memaksimalkan keuntungan, melalui:
o investasi oleh perusahaan multinasional awalnya memberikan kontribusi untuk menjadi tuan kekayaan bangsa
o meningkatkan kesenjangan ekonomi di negara-negara berkembang.


Sosiologi di komunitas global
Ketimpangan pendapatan : Perspektif global
o Berapa banyak uang yang kita habiskan untuk membiayai hewan peliharaan? Bandingkan dengan pendapatan rata-rata di India dan China?

Modernization
      Proses melalui negara perifer yang bergerak dari lembaga tradisional untuk karakteristik orang-orang dari masyarakat yang lebih maju. Modernization Theory: Fungsionalis melihat bahwa modernisasi dan pembangunan secara bertahap akan meningkatkan kehidupan orang-orang di negara berkembang.

Gambar 7 : Poverty Worldwide
Gambar 8 : Foreign Aid per Capita in Nine Countries

Tabel 4 : Sociological Perspective in Global Inequality

Distribution of Wealth  and Income
      Seluruh Dunia terkaya 2dari Dewasa memiliki lebih dari setengah kekayaan rumah tangga di dunia.Dalam setidaknya 24 negara di seluruh duniasebagian besar kemakmuran 10% dari populasi mendapatkansetidaknya 40dari semua pendapatan

Social Mobility
      Patterns of intergenerational mobility in industrialized nations Kesamaan cara posisi orang tuadalam stratifikasi sistem ditularkan kepada anak-anakPeluang mobilitas dipengaruhi oleh faktor-faktor strukturalImigrasi faktor signifikan dalam membentuk tingkat masyarakat mobilitas antargenerasiMobility in developing nations : Tingkat makro perubahan sosial dan ekonomi sering dibayangi pergerakan tingkat mikro dari satu pekerjaan ke yang lain.Gender Differences and Mobility : “As country develops and modernizes, women’s vital role in food production deteriorates”
Sociology in the Global Community
      Stratifikasi di Brasil : Berdasarkan grafik dalam buku yang distribusi pendapatan tampaknya lebih tidak merataPenerimaan perguruan tinggi berbasis ras kuota telah menjadi subyek perdebatan panas di ASmengapa anda berpikir mereka telah diterima sebagai hukum dalam masyarakat Brasil ?

Gambar 9 : Distribution of Income in Nine Nations
Case Study: Stratification in Mexico

         Ekonomi Meksiko Pada tahun 2008, 8,2% dari penduduk Meksiko bertahan pada $ 2 per hari
Castaneda: Meksiko "masyarakat terpolarisasi dengan kesenjangan besar antara kaya dan miskin, kota dan desa, utara dan selatan, putih dan coklat.

      Hubungan Ras di Meksiko  The Color Hierarchy” : Status subordinat dari Meksiko India salah satu refleksi dari hirarki warna bangsa, kelas sosial terkait dengan penampilan kemurnian ras, meluasnya penolakan dari prasangka dan diskriminasi terhadap orang kulit berwarna di Meksiko, pertumbuhan ditandai dalam dekade terakhir organisasi dan asosiasi hak-hak penduduk asli India.

      Status perempuan di Meksikomerupakan 46% dari angkatan kerja, lebih terperosok dalam terendah-membayar pekerjaan? Daripada rekan-rekan di negara-negara industry, ketika perempuan bekerja di luar di Meksiko? Rumah, sering tidak diakui sebagai aktif? Dan anggota rumah tangga yang produktif, telah mulai mengatur untuk mengatasi masalah ekonomi, politik, dan kesehatan.

      BorderlandsLuas budaya umum di sepanjang perbatasan Meksiko dan AS. Maquiladoras: Milik asing pabrik-pabrik yang tidak perlu membayar pajak atau yang memberikan manfaat bagi pekerja.

Gambar 10 : The Borderlands
Rethinking Welfare In North America and Europe
Melihat Isu
- 1996: Tanggung Jawab Pribadi dan Kerja Peluang Rekonsiliasi Act disahkan pada AS Berakhir lama jaminan federal yang bantuan kepada setiap keluarga miskin yang memenuhi persyaratan.
- Negara-negara industri yang paling mencurahkan proporsi yang lebih tinggi dari pengeluaran untuk perumahan, jaminan sosial, kesejahteraan, kesehatan, dan kompensasi pengangguran dari AS

Menerapkan Sosiologi
        Banyak sosiolog melihat perdebatan kesejahteraan dari perspektif konflik : Penolakan terhadap penerima kesejahteraan mencerminkan kekhawatiran yang mendalam dan permusuhan terhadap kelas bawah perkotaan dan sebagian besar Afrika-Amerika dan Hispanik bangsa. (Kesejahteraan perusahaan : Pemerintah Pajak istirahatpembayaran langsungdan hibah membuat untuk perusahaan).

Memulai Kebijakan
Hal ini terlalu dini untuk melihat apakah "padat karya" akan berhasil
- Prospek untuk hard-core pengangguran pudar
- Pemerintah Eropa yang dihadapi warga yang sama permintaan menjaga pajak rendah di -Amerika Utara dan Eropa, orang-orang beralih ke sarana pribadi untuk dukungan



Sumber

Slide Binus Maya Human Social Problems : Deviance, Crime, Social Control,and Global Inequality. Jakarta Bina Nusantara University

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer