Globalization, Techonolgy, and Social Change

Senin, 25 Mei 2015 |

Selamat siang pengunjung blog mfr95! Kali ini admin balik lagi tentunya dengan tugas salah satu mata kuliah yaitu Ilmu Sosial. Oke langsung saja berikut ini admin akan membahas mengenai globalisasi, teknologi, dan social change. Berikut pengertian beserta gambar dan penjelasannya

Theories of Social Change

Evolutionary Theory
Evolusi berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dalam pandangan positivismenya August Comte  berpendapat bahwa manusia itu mengalami evolusi atau kemajuan dalam tahap berpikir. Durkheim memiliki pendapat yang isinya adalah perubahan terjadi karena evolusi dapat memberikan pengaruh lainnya yaitu mengenai cara dalam melakukan organisasi yang ada dilingkungan masyarakat.
Functionalist Theory
Fungsionalisme menafsirkan setiap bagian dari masyarakat dalam hal bagaimna berkontribusi untuk stabilitas seluruh rakyat. Equilibrium Model : Sebagai perubahan yang terjadi di salah satu bagian dari masyarakat, harus ada penyesuaian di bagian lain. Empat proses perubahan sosial : differentiation, adaptive upgrading,inclusion, value generalization. 
Conflict Theory
Teori Konflik memandang masyarakat sebagai satu sistem sosial yang terdiri dari bagian-bagian yang memiliki kepentingan yang berbeda-beda dimana bagian yang satu berusaha untuk menaklukan bagian yang lainnya. Perubahan diperlukan untuk memperbaiki ketidakadilan sosial dan ketidaksetaraan.

Global Social Change 

Perubahan sosial tidak selalu mengikuti periode disintegrasi internal. Waktu yang dramatis dalam sejarah untuk mempertimbangkan perubahan sosial global.

Resistance to Social Change

Economic and Cultural Factors
Upaya untuk mempromosikan perubahan sosial cenderung bertemu dengan resistensi. Vested Interested : Orang atau kelompok yang akan menderita jika terjadi perubahan sosial. Culture Lag :periode ketidakmampuan ketika kebudayaan nonmaterial masih berjuang untuk beradaptasi dengan kondisi materi baru.
Resistance to Technology
Luddites : Dalam menanggapi revolusi industry, beberapa kelompok menggerebek pabrik dan menghancurkan mesin.

Technology and the Future

Technology
Informasi tentang bagaimana menggunakan sumber-sumber materi lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
Computer Technology
Pengguna internet mencapai 1,1 miliar orang.Pada umumnya fungsionalis positif ke internet. Teori konflik menekankan bahwa sebagian besar kelompok yang kuat akan menggunakan teknologi untuk melanggar privasi yang kurang kuat.
Biotechnology
Bermanfaat bagi manusia tetapi membutuhkan pemantauan yang konstan. Seperti pemilihan jenis kelamin janin, atau kloning daging domba dan sapi.

Social Policy and Sosial Change

Transnationals : imigran yang mempertahankan beberapa hubungan sosial yang menghubungkan masyarakat asli dengan masyarakat pemukiman. Teknologi baru mempercepat gerakan transnasional pekerja. Funsionalis melihat aliran bebas imigran sebagai jalan bagi ekonomi untuk memaksimalkan tenaga kerja manusia. Teori konflik mengklaim globalisasi untuk meningkatkan jurang ekonomi antara negara maju dan negara berkembang.

Gambar 1 : Labor Migration


The Mass Media

Sociological Perspectives of the Media

Functionalist View
Media telah Mensosialisasikan masyarakat, menegakan norma-norma sosial, member status, promosikan konsumsi, menjauhkan informasi tentang lingkungan kita, dapat bertindak sebagai narkotika. Media menigkatkan kohesi sosial dengan menyajikan pandangan umum budaya dan memberikan pengalaman kolektif bagi anggota masyarakat.
Media menegaskan perilaku yang tepat dengan menunjukan apa yang terjadi pada orang-orang yang melanggar harapan masyarakat.Media sebagai iklan yang mendukung ekonomi , menyediakan informasi, dan polis biaya media.
Surveillance Function : pengumpulan dan distribusi informasi mengenai kejadian-kejadian dalam lingkungan sosial. Narcotizing Dysfunction : fenomena di mana media memberikan sejumlah besar informasi seperti penonton yang menjadi kaku dan gagal untuk bertindak berdasarkan informasi tersebut.


Gambar 2 : Status Conffered by Magazines


Conflict View
Menekankan bahwa media mencerminkan dan bahkan memperburuk banyak divisi masyarakat kita dan dunia, termasuk gender, ras, ethnic dan kelas sosial.Gatekeeping : bagaimana materi harus melakukan perjalanan melalui serangkaian pos pemeriksaan sebelum mencapai public.Dominant ideology : set keyakinan dan praktik budaya yang membantu untuk mempertahankan kepentingan sosial, ekonomi, dan politik yang kuat. Stereotypes : generalisasi tidak dapat diandalkan tentang semua anggota kelompok yand tidak mengakui perbedaan individu dalam kelompok.
Feminist View
Feminis berbagi pandangan konflik teori bahwa stereotype media massa dan menggambarkan realitas sosial. Pada umumnya wanita kurang diwakili dan mengabdikan pandangan stereotype gender serta penekanan peran seks tradisional dan menormalkan kekerasan terhadap perempuan.
Interactionist View
Tertarik pada pemahaman bersama dari perilaku sehari-hari Pemeriksaan media pada tingkat mikro untuk melihati bagaimana mereka membentuk perilaku sosial sehari-hari. Para sarjana semakin menunjukkan media massa sebagai sumber aktivitas harian besar.


Tabel 1 : Sociological Perspective of the Media


The Audience

Who Is In The Audience
Media massa dibedakan dari lembaga-lembaga sosial lainnya dengan kehadiran penonton yang diperlukan. Diidentifikasi, grup terbatas atau jauh lebih besar, kelompok terdefinisi.
The Segmented Audience
Peran penonton sebagai pemimpin opini atau pendapat mengkritik para peneliti sosial. Opinion Leader : seseorang yang melalui hari-hari , kontak pribadi dan komunikasi, mempengaruhi pendapat dan keputusan orang lain.
Audience Behavior
Respon sering dipengaruhi oleh karakteristik sosial : Occupation, race, education, and income.

The Media Industry

Media Concentration  & The Media’s Global Reach
Segenggam perusahaan multinasional mendominasi industry penerbitan, penyiaran, dan film. Media massa telah mulai menciptakan desa global dalam hal komunikasi. Internet adalah kunci untuk menciptakan jaringan yang benar-benar global.

Gambar 3 : Media Penetration in Selected Countries


Social Policy and Mass Media

The Media Violence
Beberapa studi menghubungkan paparan kekerasan media untuk perilaku agresif berikutnya. Teori konflik dan feminis terganggu bahwa para korban digambarkan dalam citra kekerasan yang sering terjadi pada : wanita, anak-anak, kaum menengah kebawah, ras minoritas, warga negara asing, dan cacat fisik.


Daftar Pustaka

Ridwan, Malik, Hukum Tiga Jenjang August Comte dari http://sosmalik.wordpress.com/2013/05/21/hukum-tiga-jenjang-auguste-comte/

Crossman, Ashley. Teori Fungsionalis. Diambil dari  http://sociology.about.com/od/Sociological-Theory/a/Functionalist-Theory.htm

Slide Power Point Binus Maya. (2015). Globalization, Technology, Mass Media, and Social Change.Jakarta : Bina Nusantara University

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer