Hasil Rangkuman Family Therapy

Minggu, 17 Mei 2015 |

http://www.lifeworkscommunity.com/images/family%20therapy.jpgSelamat sore pengunjung blog mfr95! Kali ini admin kembali dengan tugas kampus yang pastinya (hahahah) [Lebay min, biasa aja gk usah ketawa] ya maaf kalau gk lucu :( admin juga manusia atuh [Yaah santai aja kali min, kite becanda aja atuh] haha okedeh kita langsung saja ya! Berikut ini hasil rangkuman saat seminar bersama salah satu dosen saya yaitu Bapak Karolus yang mana beliau membawakan seminar mengenai terapi keluarga. Berikut ini hasil rangkuman saya


Pengantar

Pekerja sosial dengan keluarga
Teknik penilaian keluarga Eco-Map dan Genogram
Masalah-masalah yang muncul dalam keluarga
Membantu penyelesaian keluarga dengan terapi keluarga


Keragaman Jenis Keluarga

Sosiologi mencatat bahwa sebagian besar sistem keluarga dapat diklasifikasian menjadi 2 teori:
  1. Extend Family : Terdiri dari sejumlah relasi yang tinggal bersama, seperti orang tua, anak, kakek-nenek, buyut, tante, paman, adik ipar, dan sepupu. Tipe keluarga ini merupakan pola dominan pada masyarakat agrikulutur dimana banyak orang dibutuhkan
  2. Nuclear Family : Terdiri dari pasangan menikah dan tinggal bersama dengan anak-anak mereka. Tipe keluarga ini lebih sesuai dalam masyarakat perindustrian dan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan kondisi.

Fungsi Sosial dari Keluarga

  1. Pergantian populasi = Masyarakat memiliki sistem untuk menggantikan anggotanya, dengan pertimbangan keluarga adalah unit dimana anak-anak dilahirkan. Masyarakat menentukan hak dan kewajiban dari reproduksi dalam keluarga untuk menjaga keseimbangan dalam masyarakat.
  2. Merawat yang muda (anak-anak) =  Keluarga merupakan lembaga utama untuk membesarkan anak, karena seorang anak membutuhkan perhatian dan perlindungan sampai masa pubertas. Pada masyarkat modern, peran ini dibantu oleh pusat day care, program pelatihan orang tua dan pelayanan medis.
  3. Sosialisasi terhadap anggota baru = Anak-anak diajarkan untuk bersosialisasi dengan kebudayaan masyarakatnya, seprerti dalam hal bahasa, nilai sosial dan sebagainya melalui sekolah, media komunikasi, polisi, film dan buku.
  4. Peraturan terhadap perilaku seksual = Setiap masyarakat memiliki peraturan mengenai perilaku seksual dalam keluarga, contohnya tabu terhadap incest (perkawinan sedarah) dan larangan melakukan seks sebelum menikah
  5. Sumber kasih sayang = Keluarga adalah sumber penting untuk memperoleh kasih sayang dan penghargaan. Perkembangan emosional, intelektual dan sosial dalam masyarakat akan terhambat tanpa adanya kasih sayang ini.

Masalah Keluarga dan Sifat dari Layanan Sosial


Terdapat dua kategori tipe dan bentuk pelayanan yang disediakan oleh pekerja sosial untuk keluarga yang bermasalah yang sangat bervariasi jenisnya:

  In-home Service
  •   Pelayanan ini dilakukan sebagai pencegahan
  •   Tidak selalu dilakukan didalam rumah,namun khusus dibentuk supaya keluarga tetap tinggal bersama
  •   Pelayanan yang termasuk: bantuan keuangan, perlindungan, pemeliharaan keluarga, terapi keluarga, penitipan anak atau orang tua dan pendidikan hidup berkeluarga
  •   Meskipun tidak semua pelayanan ini dikuasai oleh pekerja sosial tetapi mereka harus tahu bagaimana cara memperoleh dan membantu keluarga memperoleh pelayanan tersebut apabila keluarga membutuhkan.

Out-of-home Sevice
  •   Pelayanan ini dilakukan setelah keluarga tidak utuh lagi
  •   Pepecahan dari keluarga akan memiliki konsekuensi diluar batas-batas keluarga
  •   Pelayanan yang termasuk: orang tua asuh, adopsi, institusional, bahkan sistem pengadilan
  •   Supaya bisa memberrikan pelayanan secara menyeluruh, pekerja sosila harus terlibat dalam berbagai peran, contohnya beoker, pengajar, mediator, pengacara psikolog dan lain-lain.


Sample Eco Map
 Gambar 1 Eco Map

  •   Dikembangkan oleh Hartman pada tahun 1975 sebagai sarana mnggambarkan sistem ekologi yang mencakup keluarga atau individu.
  •   Ecomap adalah representasi grafis yang menunjukkan semua sistem yang berperan dalam kehidupan individu.
  •   Digunakan dalam konseling individu dan keluarga dala pekerjaan sosial dengan profesi keperawatan. Sering menggambarkan sistem teori dengan sederhana sehingga pekerja sosial dan klien dapat melihat dengan baik.

Sample Genogram
  Gambar 2 Genogram


  •   Diperkenalkan oleh Bowen.
  •   Genogram adalah gambaran untuk menginvestigasi asal-usul klien atau keluarga klien yang bermasalah dengan membuat diagram keluarga setidaknya tiga generasi kebelakang
  •   Pola permasalahnnya biasanya berulang, apa yang terjadi pada generasi saat ini juga dialami oleh generasi sebelumnya,

Kesimpulan

Jenis Keluarga :
Extend Family
Nuclear Family

Pekerja Sosial Sebelum melakukan terapi keluarga, harus telebih dahulu melakukan penilaian keluarga.

Cara penilaian keluarga (Family Assessment) :
Eco-Map
Genogram

Pendekatan untuk Terapi Keluarga (Family Therapy Apporach) :
Pendeketan Pola Komunikasi (Communication Pattern) 
Pendekatan Sub-sistem Keluarga (Family Subsytem)
Pendekatan Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioral)   


SUMBER

PPT Family Therapy


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer