Tugas Besar Komas 2013

Kamis, 31 Oktober 2013 |

 Teknologi J.A.R.V.I.S oh iya,admin hampir lupa menyapa teman-teman nih :p hehe,bagaimana kabarnya semua?langsung saja ya!berikut ini Teknologi JARVIS

Jarvis adalah singkatan dari Just A Rather Very Intelegent System .Jarvis inimerupakan komputer hologram yang dibuat oleh Tony Stark dalam film Ironman.Dalam film iron man Jarvis adalah komputer super pintar yang mampu berkomunikasi dengan Tony Stark sang tuannya ( pencipta ). Tugasnya mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan baju jirah Iron Man, data - data dan mengerjakan apa yang diperintahkan tuannya. Jarvis cukup AI canggih, mampu berinteraksi dengan manusia seperti orang hidup. Ia memiliki pengetahuan ilmiah yang sangat mendalam dan mampu membantu Tony Stark dalam penelitiannya. Tanpa Jarvis maka Tony Stark kesulitan dalam mengoperasikan Iron Man dan pekerjaannya. Jarvis merupakan gabungan antara data dan kecerdasan buatan, sehingga semua perintah ( data processing, robot functioning, mechanical controlling, hacking, dan lain – lain ) dengan input berupa suara dan display hologram apa pun bisa direspon dengan cepat.


Jarvis adalah sebuah program software multi fungsi mampu mengelola lingkungan lokal interior rumah Tony Stark. Ini menggunakan antar muka pengguna yang sangat maju dengan periferal holografik dan input suara, dan mengkomunikasikan data kembali ke user melalui pidato audio, menampilkan holografik dan monitor LCD konvensional. Ini juga mengontrol sejumlah peralatan robot, terutama unit gudang senjata tersembunyi di lantai rumah Stark yang memfasilitasi masuk dan jalan keluar dari sebagian besar Iron Man armor. Jarvis juga telah di adaptasi untuk dimuat ke dalam baju besi Iron Man untuk digunakan sebagai program sistem kontrol. Dalam kapasitas ini mengatur persyaratan komputasi yang kompleks yang diperlukan untuk antar muka pemakai baju besi dengan berbagai sub sistem, serta memberikan kontrol pendukung sistem tersebut dapat berjalan pada baju besi Iron Man. Namun sayang Jarvis saat ini hanya sebatas “rekaan” dari pembuat film Iron Man. Tidak menutup kemungkinan teknologi Jarvis ini ada pada masa depan.


Kita sudah menapaki langkah menuju Jarvis sebenarnya, dengan fungsionalitas dan kecanggihan yang meski pun belum mirip, tapi sudah mendekati. Sebagian dari teknologi Jarvis akan kami jabarkan sebagai berikut :

1. Voice Command


Voice Command ini sudah sangat marak digunakan pada smartphone. Ini adalah fitur di mana kita bisa memerintahkan sebuah ponsel untuk 'mengerjakan' sesuatu melalui perintah suara. Tidak perlu mengoperasikan tombol navigasi, atau pun menyentuh layar touchscreen dengan stylus. Hanya butuh suara Anda, Voice command juga dapat digunakan untuk menjawab atau menolak panggilan, mengubah profil, atau menjalankan aplikasi. Misalkan kita mau pakai aplikasi voice command untuk mengaktifkan Bluetooth. Tinggal edit saja voice command –nya dengan lafal yang mudah kita ucapkan. Misalnya kita ganti dengan kata 'aktifkan' untuk Bluetooth.


2. Komputer Hologram



Pada awal tahun 2011, beredar kabar munculnya teknologi tv hologram. Tapi baru-baru ini, dipenghujung tahun 2011, Microsoft membuat sebuah terobosan dengan teknologi yang di beri nama Microsoft Surface, dimana sebuah kombinasi antara meja, komputer, kamera, serta touch sensivity berukuran sebesar yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi untuk berbagai aktivitas. Pada meja besar yang menggunakan LCD touch screen 40 inci, Microsoft menempatkan sebuah smartphone pada layar, seketika Microsoft Surface akan mengenali perangkat tersebut dan menampilkan informasi mengenai perangkat serta memungkinkan untuk memilih model yang berbeda.
Khayalan tersebut kemungkinan akan terwujud karena kemajuan teknologi di jaman sekarang. Jaman sekarang saja laptop sudah berbentuk minimalis dan di buat sangat sederhana,  namun dengan kemampuan yang sangat canggih. Perkembangan dunia teknologi beberapa tahun terakhir semakin menggeliat, begitu juga dengan konsumsi akan teknologi juga sangat tinggi.  Para produsen dunia teknologi sekarang sudah membuat berbagai proyek di masa depan, merekan menciptakan sebuah produk meskipun masih khayalan. Teknologi laptop yang sekecil handphone mungkinakan tercipta pada beberapa tahun kedepan dengan begitu pesatnya dunia teknologi dunia.
Bila ingin menggunakannya sebagai laptop sebagai layarnya menggunakan kameranya sebagai proyektor yang dapat memunculkan hologram dari dalamnya sehingga dalam menggunakannya kita hanya tinggal menyentuh hologram tersebut. Komputer tersebut dilengkapi dengan kecepatan akses yang tinggi, aksesnya berkecepatan tinggi. Dapat dibawa kemanasaja, karena  yang hanya sebesar handphone. Keyboardnya berada pada hologram ketika kita menghidupkanya. Tombol powernya sekali sentuh langsung menyala. Dunia yang akan dating manusia akan menggunakan tenaga robot dalam membantu kegiatan sehari - harinya. Dunia yang akan dating dunia serba hologram.
3. Cloud Computing

Cloud computing secara kata bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dapat berbunyi "Komputasi Awan", namun sampai saat sekarang ini "mungkin" belum memiliki definisi ilmiah atau pun pengartian pokok yang jelas kecuali sebuah konsep pemahaman dalam rangka pembuatan kerangka kerja komputasi secara online lokal maupun global dimana terdapat beragam aplikasi maupun data dan media penyimpanan yang dapat diakses dan digunakan secara berbagi dan bersamaan oleh para pengguna yang beragam – mulai dari perseorangan sampai kepada kelas pengguna korporasi ( atau perusahaan ).

Cloud Computing adalah suatu istilah yang banyak digunakan oleh Industi IT yang memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Namun pada intinya Cloud Computing adalah suatu pergeseran dari perusahaan dalam membeli dan memelihara server dan aplikasi on - premise yang mahal, dan bergerak menuju metode penyewaan IT, sesuai dengan kebutuhan, dari satu penyedia layanan publik.
Cloud Computing adalah suatu istilah yang banyak digunakan oleh Industi IT yang memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Namun pada intinya cloud computing adalah suatu pergeseran dari perusahaan dalam membeli dan memelihara server dan aplikasi on - premise yang mahal, dan bergerak menuju metode penyewaan IT, sesuai dengan kebutuhan, dari penyedia layanan public cloud.
Hanya dalam beberapa tahun terakhir hal ini telah menjadi layak dan masuk akal bagi perusahaan untuk memindahkan teknologi mereka kesebuah pusat data yang dikelola secara professional oleh pihak luar. Perubahan ini telah didorong oleh mulai tersedianya Internet berkecepatan tinggi yang tidak hanya tersedia di kantor Anda, tetapi juga di rumah, di warung kopi dan di mana saja anda dapat melakukan penerimaan sinyal telepon seluler. Kenyataan ini telah memungkinkan terjadinya konsolidasi yang revolusioner.
4. Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence )

Kecerdasan Buatan ( bahasa Inggris : Artificial Intelligence atau AI ) di definisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin ( komputer ) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas - tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal - hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat - obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.

'Kecerdasan buatan' ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya.

Kesimpulan :

Jarvis merupakan sebuah sistem komputer yang kompleks dan dilengkapi dengan Voice Command, Komputer Hologram, Cloud Computing, Artificial Intelligence, dan lain – lain. Jarvis merupakan gabungan antara data dan kecerdasan buatan, sehingga semua perintah ( data processing, robot functioning, mechanical controlling, hacking, dan lain – lain ) dengan input berupa suara dan display hologram apa pun bisa direspon dengan cepat. Namun sayang Jarvis saat ini hanya sebatas “rekaan” dari pembuat film Iron Man. Tidak menutup kemungkinan teknologi Jarvis ini ada pada masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer