Pengertian Psikologi, Sosiologi, dan Antropologi

Jumat, 27 Februari 2015 |

Hasil gambar untuk Apa itu psikologiHasil gambar untuk Apa itu sosiologiHasil gambar untuk Apa itu Antropologi

Selamat pagi, kembali lagi dengan saya haha. Oke di postingan sebelumnya saya share-share pengalaman di minggu pertama saya dengan bapak Korolus, di postingan kali ini kami di berikan tanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan saat itu (Mencoba menananyakan beberapa pertanyaan apa itu Psikologi,Sosiologi,dan Antropologi) Di postingan kali ini admin akan menjawab itu semua,berdasarkan beberapa sumber. Berikut apa itu Psikologi, Sosiologi, dan Antropologi


Apa itu psikologi? Dan siapa sajakah tokoh-tokohnya?
Psikologi adalah ilmu yang membahas mengenai perilaku, dan proses mental.
     Tokoh :
·         Wundt (Stucturalism):  Pendiri psikologi modern, father of modern psychology.
·         James (Functionalism): Menekankan pada fungsi dan tujuan dari pikiran dan perilaku dalam beradaptasi individu dengan lingkungan yang berfokus pada interaksi manusia dengan dunia luar dan tujuan pemikirannya.
·         Darwin (Nature selection): Proses evolusi di mana organisme yang terbaik disesuaikan dengan lingkungan mereka. Organisme akan bertahan serta menghasilkan keturunan.
·         Sigmund Freud (Psychodynamic approach ): Adalah pendiri dari pendekatan psikodinamik, father of psychodynamic. Ia menegaskan pikiran bawah sadar, adanya dorongan untuk seks, tuntutan masyarakat, dan anak usia dini didalam keluarga. Seksual dan agresif dalam pikiran bawah sadar mempengaruhi cara orang berpikir, merasa, dan berperilaku.
·         John B. Watson and B. F. Skinner (Behavior approach): Menekankan studi ilmiah mengenai tanggapan perilaku yang diamati dan determinan dengan lingkungan mereka. Berfokus pada interaksi terlihat suatu organisme dengan lingkungannya yaitu, perilaku.
2.    Apa itu Sosiologi? Dan siapa sajakah tokoh- tokohnya?
Sosiologi adalah ilmu sosial yang mempelajari perilaku dengan masyarakat sekitar. Antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
Tokoh :
·         Auguste Comte: Yang menemukan istilah sosiologi, bapak sosiologi.
·         Harriet Martineau: menegaskan dampak pada ekonomi, hukum, perdagangan, kesehatan, dan populasi pada masalah sosial.
·         Herbert Spencer: Belajar mengenai evolusi perubahan di dalam masyarakat.
·         Émile Durkheim: Perilaku harus dipahami dalam konteks sosial yang lebih besar.
·         Max Weber: Untuk memahami perilaku seseorang harus belajar mengamati tindakan orang lain.
3.    Apa itu Antropologi? Dan siapa sajakah tokoh-tokohnya?
Antropologi adalah ilmu studi mengenai spesies manusia dan para leluhur terdekatnya.

            Antropologi adalah juga merupakan ilmu bersangkutan dengan mempelajari seluruh kondisi manusia: masa lalu, sekarang dan masa depan. Antropologi mempelajari biologi, masyarakat, bahasa, dan budaya.

            Budaya adalah tradisi dan adat istiadat, ditularkan melalui pembelajaran, yang mengatur keyakinan dan perilaku orang-orang yang terkena mereka.
Tokoh :
·         Parker: adalah Seneca India yang membuat kontribusi penting untuk antropologi awal.
·         Profesor Teuku Jacob: Ahli paleoantropologi yang mempelajari mengenai catatan fosil evolusi manusia
·         Franz Boas: Sebagai pendiri antropologi modern dan bapak antropologi. Ia merupakan orang pertama yang menerapkan metode ilmiah dalam mempelajari masyarakat dan kebudayaan manusia.
·         Ralph Linton: Merupakan salah satu antropolog budaya terkenal. Ia  menguraikan perbedaan antara status dan peran yang merupakan salah satu penunjuk utama dalam pembelajaran antropologi.
·         Claude Lévi-Strauss: Belajar mengenai hukum dan filsafat. Ia mengatakan bahwa budaya adalah sistem komunikasi didalam masyarakat. Budaya manusia terdiri atas dasar teori linguistik, informasi, dan cybernetics.

Daftar pustaka: 
Powerpoint binusmaya What Is Psychology?Session 1-2, slide 8, 9,14, 16, 17, 21, 22. Tahun 2014/2015
Powerpoint binus maya Human Realities in the light of Sociology, Anthropology,      Philosophical Anthropology, and Psychology, slide 13, 22, 23, 24, 49, 54, 69 diunduh pada tanggal 25 Februari 2015
http://www.amazine.co/22243/ahli-antropologi-ketahui-5-antropolog-terkenal-dunia/ diunduh pada tanggal 25 Februari 2015
Blog salah satu anggota kelompok : http://ghinaninnas.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda butuh postingan ini?Postingan ini bisa diPrint

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com

Entri Populer